Beli online di Bukalapak

Jumat, 12 Juli 2019

Segera terbit, Solusi UN 2020 bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas IX

Posted by on Jumat, 12 Juli 2019
Dari kiri: Septy Andari Putri, Rina Harwati, Siska Yuniati. Fotografer: Rusmantara.
Yogyakarta--Tim penulis Solusi UN kembali menyiapkan buku Solusi UN untuk persiapan Ujian Nasional 2020. Demikian disampaikan salah seorang penulisnya, Siska Yuniati. Menurut Siska, pada semester pertama, guru dan siswa cenderung kesulitan mendapatkan buku-buku persiapan Ujian Nasional. Oleh karena itu, dirinya bersama tiga penulis lain bertekad menghadirkan buku Solusi UN 2020 sesegera mungkin.

"Saya lihat, pada semester dua, buku-buku bertema Ujian Nasional ramai di pasaran. Akan tetapi, pada semester satu ini, biasanya masih sulit didapatkan. Padahal, persiapan sekolah dan madasah biasanya dimulai pada semester satu," ungkap Siska.

Kendati demikian, Siska belum bisa memastikan kapan buku yang ditulisnya bisa selesai dan diedarkan ke pasar. Merujuk informasi tahun lalu, buku Solusi UN 2019 sudah bisa dipesan bulan November 2018.

"Semoga Oktober atau November 2019 ini buku Solusi UN 2020 sudah bisa dipesan," harap Siska.

Sebagaimana diketahui, buku Solusi UN bahasa Indonesia kelas IX SMP/MTs ditulis oleh empat orang guru, yaitu Siska Yuniati, Rusmantara, Rina Harwati, dan Septy Andari Putri. Siska Yuniati adalah guru di MTs Negeri 3 Bantul. Aktivitas menulisnya sudah dimulai sejak kecil. Beberapa tulisannya memenangkan kompetisi menulis lokal dan nasional. Siska juga berpengalaman mendampingi siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi UN serta berpengalaman menulis soal. Siska saat ini juga berstatus sebagai Sekretaris MGMP bahasa Indonesia MTs Kabupaten Bantul dan Ketua Umum Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

Sementara itu, Rusmantara adalah Ketua MGMP bahasa Indonesia MTs Kabupaten Bantul dan berprofesi sebagai guru bahasa Indonesia MTs Negeri 1 Bantul. Rusmantara berpengalaman menulis dan menyunting soal di madrasah dan sekolah (SMP) serta merupakan anggota Pergumapi.

Penulsi selanjutnya, Rina Harwati adalah guru MTs Negeri 6 Bantul dan berpengalaman menulis soal serta mendampingi siswa mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional. Lululusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana UNY ini tahun 2018 menjadi salah satu penulis soal nasional di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Saat ini dirinya juga berstatus sebagai Sekretaris MGMP bahasa Indonesia MTs Kabupaten Bantul dan Humas Perkumpuan Guru Madrasah Penulis.

Penulis keempat adalah Septy Andari Putri. Dia adalah magister pendidikan sekaligus penulis dan penelaah soal nasional di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2018. Saat ini, Septy menjadi guru bahasa Indonesia di MTs Negeri 2 Kulonprogo. Selain itu, Septy menjadi pengurus MGMP bahasa Indonesia SMP dan MTs di Kulonprogo dan Bendahara Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi). (*)