Beli online di Bukalapak

Kamis, 02 Januari 2020

Buku soal Solusi UN 2020 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX Berdasarkan Kurikulum 2013

Posted by on Kamis, 02 Januari 2020
Kover depan buku Solusi UN edisi 2019/2020
Penulis: Siska Yuniati, Rusmantara, Rina Harwati, Septi Andari Putri
Harga: Rp25.000/eks, harga khusus bagi yang beli berombongan.

Ujian Nasional akan memasuki tahun ke-69 setelah pelaksanaan pertama dengan nama Ujian Penghabisan. Sepanjang pelaksanaannya, permasalahan esensial yang dihadapi adalah terkait penyiapan diri siswa agar mampu mengerjakan soal-soal dengan baik dan maksimal. Kendati sejak dua tahun lalu telah digelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di beberapa daerah, persiapan-persiapan siswa pada hakikatnya tidak banyak berubah.

Pada praktiknya, Ujian Nasional hanyalah satu di antara sederet pekerjaan yang perlu ditunaikan siswa selama dirinya duduk di kelas VI (untuk Sekolah Dasar sederajat, sekarang bernama USBN), kelas IX (untuk Sekolah Menengah Pertama sederajat), serta kelas XII (untuk Sekolah Menengah Atas sederajat). Dengan banyaknya pekerjaan yang perlu ditunaikan, para siswa perlu memiliki strategi belajar yang baik dan sesuai dengan karakteristik pribadinya. Selain itu, dibutuhkan juga piranti dan sumber belajar yang cukup agar proses belajar siswa dapat fokus dan terarah. Hadirnya buku Solusi Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi 2019/2020 ini dalam rangka turut berkontribusi menyiapkan para siswa, khususnya siswa kelas IX untuk dapat belajar dengan baik.

Kover depan buku Solusi UN 2019/2020.
Buku ini terdiri atas tiga bagian utama, yaitu pendalaman materi dan contoh soal, pembahasan soal UN, serta soal-soal uji kompetensi. Pendalaman materi berisi materi yang berdasarkan analisis penulis berpotensi muncul di soal-soal Ujian Nasional yang akan datang. Materi pendalaman yang disajikan dalam buku ini meliputi membaca nonsastra, membaca sastra, menulis terbatas, menyunting kata, kalimat, dan paragraf, serta menyunting ejaan dan tanda baca. Setiap materi disertai contoh soal agar siswa lebih mudah memahaminya.

Pada bagian pembahasan soal UN, disajikan soal-soal yang pernah diujikan pada Ujian Nasional 2018/2019. Selain ditentukan jawabannya, soal-soal pada bagian ini juga dibahas secara proporsional. Selanjutnya, disajikan lima paket soal masing-masing lima puluh butir soal (sesuai standar Ujian Nasional) untuk digunakan para siswa berlatih.

Kover belakang buku Solusi UN 2019/2020.
Berdasarkan pengalaman penulis, makna kata sering menjadi permasalahan siswa. Hal ini cukup esensial karena kunci dari pemahaman atas sebuah teks di antaranya adalah kemampuan memahami makna kata. Oleh karena itu, pada bagian akhir disajikan glosarium yang berisi istilah-istilah yang digunakan dalam buku ini.

Atas bantuan banyak pihak, para penulis telah berusaha keras untuk menyajikan materi buku ini secara baik. Namun, jika di kemudian hari ditemukan berbagai hal yang dirasa perlu didiskusikan, para penulis sangat terbuka untuk berbicara. Pada akhirnya, para penulis hanya berharap, semoga usaha ini diridai oleh Tuhan Yang Maha Esa dan membawa manfaat bagi siswa dan guru, khususnya siswa dan guru-guru kelas IX di Sekolah Menengah Pertama atau Madrasah Tsanawiyah. (*)